Nodame Cantanibile dibuat Anime, manga dan Doramanya. Di anime sudah mencapai season ke-2 dan bahkan doramanya akan di buat season ke-2nya juga

largeanimepaperscans_nodame-cantabile_tama-neko14__thisres__126264Kisah ini berawal dari seorang perempuan yang bernama Noda Megumi. Megumi adalah mahasiswi jurusan piano tingkat dua di Universitas Momogaoka yang permainan pianonya serampangan. Ia bercita-cita menjadi guru taman kanak-kanak. Biasanya ia dipanggil Nodame oleh teman-temandan keluarganya. Nodame adalah anak dari keluarga sederhana yang tinggal di desa. Ia dapat bermain piano hanya dengan mendengar musiknya saja tanpa belajar terlebih dahulu. Nodame adalah seorang gadis yang sangat cuek dengan keadaan di sekitarnya. Hal itu dapat dilihat dari kamarnya yang tak pernah dibersihkan. Nodame pun sangat malas untuk mencuci rambutnya.
Suatu hari di depan pintu apartemennya, ia melihat seorang pria yang sedang pingsan karena mabuk. Nodame pun jatuh cinta pada pandangan pertama. Akhirnya Nodame membawa pria itu masuk ke kamarnya. Saat setengah sadar, pria itu mendengarkan permainan musik Nodame.Tetapi saat bangun, ia sangat kaget melihat sekelilingnya yang banyak sampah dan bau. Ia pun segera keluar dan masuk ke kamarnya yang ada di sebelah kamar Nodame. Ia langsung masuk ke toilet dan mandi. Kejadian-kejadian menarik pun mulai berdatangan.

chiaki

Pria itu bernama Sinichi Chiaki. Seorang pria jenius yang berbakat dalam segala bidang. Chiaki adalah mahasiswa jurusan piano tingkat tiga di Universitas Momogaoka. Tetapi Chiaki adalah orang yang sedikit angkuh dan sangat perfeksioinis. Ia sedang memohon kepada gurunya agar dipindahkan ke bagian konduktor. Ia ingin mengganti jurusan karena ia sangat terkesan dengan permainan musik seorang konduktor terkenal yang bernama Sebastian Vierra. Namun gurunya menolak dengan tegas. Guru Chiaki bernama Kozo Etoh. Ia dikenal sebagai seorang guru yang keras dan hanya mau mengajar murid-murid yang menurutnya berbakat. Chiaki pun menjadi sangat frustasi. Di tambah lagi ia baru saja diputuskan secara sepihak oleh pacarnya, yaitu Saiko Tagaya. Saiko adalah mahasiswi jurusan vokal tingkat tiga. Ia memutuskan Chiaki, karena ia tidak suka dengan sikap Chiaki yang mudah putus asa.

Sekarang Nodame menjadi dekat dengan Chiaki. Setiap malam Chiaki membuatkannya makan malam. Nodame jugalah yang membantu Chiaki untuk pindah ke bagian konduktor. Nodame sangat menyukai Chiaki dan akan melakukan apa saja untuk membantunya. Tetapi menurut Chiaki itu sangat mengganggunya.

Nodame sangat senang mengambil bekal makan siang temannya. Suatu hari saat sedang mengambil bekal temannya, ia ketahuan dan dikejar oleh temannya. Tetapi ia jatuh karena tersandung kabel dari ruang musik biola. Di sanalah ia menemukan teman baru bernama Kurosaki Mine. Mine adalah mahasiswa jurusan biola tingkat dua. Mine adalah anak seorang penjual mie ramen. Restorannya bernama “Uraken” dan terletak di belakang Universitas Momogaoka. Sehingga banyak murid dan guru Momogaoka yang mengunjungi restoran Mine. Saat mengetahui Nodame berada di jurusan musik, Mine langsung meminta Nodame untuk menjadi pengiringnya untuk mengikuti tes biolanya nanti. Mereka memiliki ciri khas bermain musik yang sama, yaitu memiliki semangat yang tinggi akan musik.

Tetapi keesokan harinya, Nodame melihat Chiaki berjalan dengan seorang perempuan yang tidak dikenalnya. Semangat Nodame pun menjadi surut. Dan pada saat hari tesnya, Nodame jatuh sakit dan tidak dapat membantu Mine. Akhirnya Chiaki turun tangan untuk membantu ujian Mine. Mine biasanya bermain biola dengan dengan kekhasnya sendiri. Yaitu memadukan musik klasik dengan gaya rock. Hal ini membuat guru-guru sedikit ragu untuk memberi Mine nilai yang baik pada ujian kali ini. Tetapi untunglah si jenius Chiaki dapat menyeimbangi permainan musik Mine. Dan membuat perpaduan yang indah sekali. Akhirnya Mine dapat lulus ujian dengan nilai yang baik.

Beberapa hari setelahnya datang seorang konduktor terkenal dari Eropa yang bernama Franz Stresemann. Ia membentuk sebuah grup orkestra yang berisikan anak-anak yang kurang ahli bermain musik tetapi sangat mencintai musik. Grup orkestra ini diberi nama S Orkestra yang diambil dari nama Stresemann. Memang kualitas musiknya masih kalah bila dibandingkan dengan A Orkestra yang berisikan anak-anak berbakat.

Di saat yang bersamaan, ada seorang laki-laki yang sedang kesal dengan kedekatan Nodame dan Chiaki. Bukan karena cemburu melihat Chiaki yang bisa dekat dengan Nodame, melainkan kesal dengan Nodame yang terus berdekatan dengan idola Momogaoka yaitu Chiaki. Laki-laki itu bernama Okuyama Masumi. Ia mempunyai rambut kribo, berpenampilan retro dan kumis yang unik. Ia adalah pemain timpani di Orkestra A. Ia adalah salah satu dar sekian banyak orang yang mengagumi Chiaki. Hal itu berawal dari dua tahun yang lalu, Saat Masumi baru memulai pelajarannya di Universitas Momogaoka. Masumi sedang menaiki tangga sambil membawa timpaninya. Tetapi ia hampir jatuh karena timpaninya yang terlalu berat. Untunglah Chiaki membantunya, dan membuat Masumi tidak jadi terjatuh. Sejak saat itulah Masumi menjadi pengagum rahasia Chiaki.

Karena kesal dengan Nodame, Masumi membuat jebakan untuk membuat Nodame jauh dari Chiaki. Pertama-tama, Masumi mengirimkan surat yang berisikan bahwa Nodame harus meminta tiga ratus orang untuk menuliskan hal yang sama seperti isi surat tersebut atau ia akan mendapatkan kesialan. Tetapi Mine berkata kepada Nodame untuk mengacuhkannya, karena itu hanyalah keisengan seseorang saja. Tetapi setelah mengacuhkannya, Nodame diberi petasan, disiram air, dan hal-hal aneh lainnya. Dan pada suatu saat, ia sengaja tidur di bangku taman sekolah untuk bisa menangkap basah si pelaku. Dan pada saat itulah Masumi tertangkap oleh Nodame yang dibantu oleh Mine. Tetapi sejak saat itu mereka bertiga menjadi akrab. Nodame dan Masumi pun bersaing secara sehat dengan caranya masing-masing untuk menarik perhatian Chiaki.

Masumi berteman akrab dengan ketua dari Orkestra A, yaitu Miki Kiyora. Miki bermain dalam bidang musik biola. Ia adalah orang yang pandai dan berkharisma. Berkat bantuan Miki, akhirnya Chiaki mau untuk datang melihat latihan Orkestra A. Saat itu pun Masumi berpakaian layaknya sedang konser untuk menarik perhatian Chiaki. Ia berharap dapat bermain sebaik mungkin agar perhatian Chiaki selalu tertuju padanya. Namun karena terlalu bersemangat, ia dikeluarkan oleh guru pembimbingnya karena tidak memperhatikan konduktor. Pada saat itu Chiaki pun berjalan keluar sambil tertawa dan berpikir bahwa Masumi adalah orang yang aneh. Masumi pun sangat terkejut dan kehilangan harga dirinya di depan Chiaki. Ia pun sempat berpikir untuk berhenti bermain musik. Tetapi berkat dorongan dari Miki, Masumi pun tidak jadi meninggalkan dunia musik. Tetapi jalan satu-satunya untuk melanjutkan orkestranya adalah turun pangkat menjadi anggota Orkestra S.

Orkestra S pun dimulai, tetapi Stresemann tidak serius mengajari mereka melainkan mengajak mereka untuk pergi bermain di sebuah bar. Hal itu hampir dilakukannya pada setiap latihan. Akhirnya Chiaki dan Nodame meminta bantuan Milch (sebutan untuk Franz Stresemann) agar memindahkannya ke bagian konduktor. Tetapi setiap kali diminta, Milch malah merobek kertas surat pemindahannya tersebut. Pada suatu saat, Milch berkata akan mengijinkannya bila Nodame menciumya. Tetapi karena sangat bingung, Nodame malah menonjok Milch hingga pingsan. Akhirnya konduktor latihan Orkestra S pada hari itu digantikan Chiaki. Anggota Orkestra S pun sangat senang melihat idolanya yang mengkonduktori mereka.

Tapi itu tidak semudah keliatannya walaupun mereka dipimpin oleh Chiaki. Chiaki mempunyai sifat yang sedikit keras karena mau semuanya berjalan sesuai keinginannya. Tetapi anggota Orkestra lainnya mulai lelah karena tidak bisa mengikuti ego Chiaki. Saat latihan terakhir, Mine merencanakan gerakan yang unik dan tidak biasa dalam bermain biola. Bahkan mereka telah mempersiapkan baju yang akan mereka gunakan saat pentas nanti. Tetapi hal itu tidak bisa diterima oleh Chiaki. Chiaki pun merasa lelah dan pergi meninggalkan tempat itu. Karena mereka merasa bersalah kepada Chiaki, akhirnya mereka berinisiatif untuk berlatih sendiri hingga larut malam.

Keesokan harinya Chiaki tetap datang dengan perasaan pasrah. Ternyata kehadiran Chiaki memberikan semangat kepada anggota Orkestra lainnya. Anggota Orkestra S sangat bekerja keras hingga tidak mandi bahkan tidur. Perasan senang mereka bertambah ketika mengetahui Chiaki menggunakan baju yang telah mereka siapkan. Hingga saat akan tampil, Guru-guru pun masih berpikir bahwa Orkestra ini tidak akan bermain dengan baik. Tetapi mereka tampil dengan perasaan yang senang dan penuh dengan keyakinan. Mereka tetap menggunakan gerakan-gerakan yang unik seperti pada latihan. Berbeda dengan sebelumnya, pada saat ini Chiaki dapat menerimanya dengan senyuman. Pada akhirnya, permainan Orkestra S sangat menakjubkan dan membuat penontonnya senang karena pertunjukan yang unik itu. Sangat berbeda dengan Orkestra A yang ditunggu-tunggu menjadi sangat kacau. Hal ini disebabkan oleh ketidakdisiplinan konduktor mereka yaitu Stresemann. Setelah Milch melihat pertunjukan dari Orkestra S, tiba-tiba ia menyuruh orang lain untuk menggantikannya untuk memimpin Orkestranya. Alhasil, Orkestra A pun menjadi sangat kacau karena konduktor baru mereka yang tidak ada persiapan sama sekali. Orkestra S pun sangat senang dengan kemenangan mereka. Bahkan mereka pun dapat mengubah pandangan guru-guru terhadap Orkestra mereka.

Beberapa hari kemudian Kiyora Miki mengajak Chiaki untuk membuat sebuah Orkestra yang berisikan anak-anak berbakat dari seluruh penjuru Jepang. Chiaki pun setuju dengan hal itu. Tetapi Nodame menjadi cemburu dengan kedekatan mereka berdua. Keesokannya, Miki membawa tiga orang temannya yang berasal dari sekolah lain dan memperkenalkan mereka dengan Chiaki. Mereka bertiga adalah orang-orang yang berbakat dalam musik yaitu Yasunori Kuroki, Kikuchi Toru dan Kimura Tomohika. Chiaki meminta Miki untuk memasukkan Masumi dalam Orkestranya. Tetapi tanpa disuruh pun Miki telah memasukkannya, karena dia dan Masumi adalah teman dekat. Mine dan Sakura meminta Chiaki untuk memasukkan mereka dalam Orkestra barunya tersebut. Tetapi Chiaki menolaknya dan ingin agar mereka berusaha sendiri. Chiaki mau menerima mereka asalkan mereka bisa lulus masuk Orksestra A.

Bersamaan dengan itu, Kozo Etoh memilih Nodame untuk menjadi muridnya. Saat teman-teman Nodame melihat pengunguman tersebut mereka sangat terkejut. Karena mereka tidak pernah melihat Nodame serius dalam bermain piano dan hanya bermain lagu anak-anak saja. Ternyata, tanpa sengaja Etoh Sensei melihat permainan musik Nodame dan Chiaki di sekolah saat sudah malam. Pertunjukan tersebut sangat mengesankan bagi Etoh Sensei. Dan dia bermaksud untuk memassukkan Nodame dalam Concour Piano tahun ini. Concour Piano adalah ajang perlombaan piano yang diadakan setiap tahun.

Tetapi sepertinya perjalanan Etoh Sensei untuk melatih Nodame masih sangat panjang karena Nodame tidak suka dengannya. Nodame lebih menyukai gurunya yang dulu, Hajime Tanioka. Tanioka adalah guru khusus untuk anak-anak yang gagal dan bermasalah. Nodame Hajime karena dia selalu membebaskannya untuk bermain lagu anak-anak bukannya lagu klasik. Sedangkan Etoh Sensei mengharuskannya memainkan lagu klasik. Salah satu yang membuat Nodame semakin tidak suka adalah sifat Etoh Sensei yang pemarah dan selalu membawa kipas lipat besar untuk memukul kepala orang. Karena hal itu mengingatkan Nodame dengan kisah masa kecilnya saat masih di taman kanak-kanak. Waktu Nodame masih kecil, ia sudah mahir bermain piano dan banyak orang yang memujinya. Tetapi gurunya berkata itu belum cukup dan memukulnya dengan kipas lipat hingga mimisan. Sejak saat itu ia menjadi trauma dan benci guru-guru yang bersifat keras.

Setiap Etoh Sensei mau memulai pelajaran Nodame pasti kabur atau lari dan bersembunyi. Setiap hari Nodame dan Etoh Sensei selalu berkejar-kejaran. Etoh Sensei sangat serius ingin mengajar Nodame, karena menurutnya Nodame memiliki potensial yang besar dalam bermain piano. Akhirnya Etoh Sensei tidak tahan lagi dan meminta bantuan Chiaki. Chiaki yang melihat keseriusan Etoh Sensei akhirnya mau membantu. Chiaki memberikan catatan yang berisi hal-hal yang paling disukai oleh Nodame. Akhirnya Etoh Sensei menerapkan hal tersebut di pertemuan yang berikutnya.

Pertama-tama Etoh Sensei menaruh pajangan boneka kartun kesukaan Nodame di jalan sampai menuju kelas. Nodame yang melihat boneka kesukaannya tersebut langsyng mengambilnya satu-persatu sesuai dengan rencana Etoh Sensei. Tanpa disadarinya, Nodame telah mengambil bonekanya sampai masuk ke kelas Etoh Sensei. Kelas itu langsung dikunci oleh Etoh Sensei agar Nodame tidak bisa kabur lagi. Tetapi Nodame ingin kabur melewati jendela. Karena Etoh Sensei tidak ingin rencananya sia-sia, ia berjanji untuk membuang kipas lipat kesayangannya. Etoh Sensei pun menyerahkan kotak makan untuk Nodame dan membuang kipas lipatnya. Akhirnya Nodame mau masuk lagi ke kelas Etoh Sensei. Nodame pun membuat perjanjian dengan Etoh Sensei. Perjanjian itu berisi bahwa, Etoh Sensei tidak boleh mengajar dengan kasar dan mau menari saat Nodame bermain lagu anak-anak saat awal pelajaran. Akhirnya mau tidak mau Etoh Sensei menuruti kemauannya.

Sejak saat itu Nodame menjadi serius berlatih dan mau mengikuti Concour Piano. Nodame pun menjadi sangat sibuk hingga tidak bisa bertemu dengan Chiaki. Nodame akan menginap di rumah Etoh Sensei selama perlombaan dan seorang murid lainnya. Nodame sangat berminat dengan perlombaan ini karena pemenangnya akan mendapat uang dalam jumlah yang besar. Nodame bermaksud untuk menggunakan uang itu untuk belajar di Eropa bersama Chiaki. Sebelum pergi menginap, Nodame mencoba menghilangkan trauma Chiaki. Nodame menghipnotis Chiaki dengan menggunakan bandul. Ternyata hipnotis itu berhasil. Keesokkannya Chiaki langsung mengajak Mine untuk pergi ke Hokaido dengan menggunakan pesawat. Meskipun masih sedikit ketakutan, Chiaki bisa sampai de Hokaido dengan selamat. Di Hokaido, Chiaki membeli banyak oleh-oleh untuk Nodame. Ternyata, Nodame juga menghipnotis Chiaki untuk membeli banyak oleh-oleh untuknya. Sedangkan Mine hanya bisa membeli rumput laut untuk Miki, kekasihnya. Karena Mine hanyalah anak seorang penjual mie ramen. Setelah pulang kembali, Chiaki mengantarkan oleh-oleh tersebut ke rumah Etoh Sensei. Karena tidak ingin mengganggu Nodame. Chiaki hanya menitipkan oleh-olehnya ke istri Etoh Sensei.

Chiaki pun memulai latihannya bersama Orkestra barunya. Mine dan Sakura pun berhasil masuk ke Orkestra A dan diterima oleh Chiaki. Chiaki memilih Kuroki untuk melakukan permainan solo oboe di Orkestranya. Latihan pun berjalan lancar. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu, Orkestra ini pun mulai mwndapat masalah. Banyak anggotanya yang tidak dapat hadir dengan tepat waktu karena kesibukkannya masing-masing. Tetapi pada akhirnya masalah itu dapat diselesaikan dengan baik dengan kesadaran masing-masing. Mine dan ayahnya telah menyiapkan sebuah nama untuk Orkestra baru mereka, yaitu RS Orkestra atau Rising Star Orkestra. Meskipun menurut Chiaki nama itu sedikit berlebihan, tetapi karena semuanya telah setuju, ia pun juga menjadi setuju. Saat sedang latihan, Nodame datang membawakan Chiaki dan yang lainnya nasi onigiri. Tetapi Chiki menolaknya dan meminta agar Nodame keluar. Setelah keluar dari tempat latihan, Nodame bertemu dengan Kuroki. Akhirnya Nodame memberikan makanan tersebut kepada Kuroki. Kuroki pun jatuh cinta kepada Nodame.

Saat latihan yang selanjutnya, Kuroki mengembalikan tempat makan Nodame dan memberikannya bunga sebagai ucapan terima kasih. Chiaki, Mine dan Masumi pun sangat bingung kenapa Kuroki bisa menyukai Nodame. Mine pun berkata kepada Kuroki bahwa sebenarnya Nodame adalah anak yang pemalas dan jorok. Tetapi Kuroki menganggap bahwa hal itu tidak mungkin. Saat ingin datang ke rumah Nodame, ia bertemu dengan Nodame di jalan. Tetapi Nodame sedang berlari ke swalayan yang ada di dekat rumahnya. Kuroki pun langsung mengejarnya. Ternyata Nodame ingin membeli ikan yang sedang mendapat potongan harga. Nodame juga bercerita kepada Kuroki, bahwa tadinya ia ingin memasakkan ikan itu untuk Chiaki. Kuroki pun akhirnya mengetahui bahwa yang dicintai Nodame adalah Chiaki. Karena hal itu, Kuroki merelakan Nodame untuk Chiaki. Padahal sebenarnya, Nodame tidak bisa memasak.

Konser pertama untuk RS Orkestra ini berjalan dengan baik dan lancar. Pertunjukan ini ditonton oleh banyak orang dari yang masih kecil hingga sudah dewasa. Setelah kesibukkan mereka dalam Orkestra selesai, mereka disibukkan dengan perlombaab musik tahunan. Perlombaan ini diikuti oleh berbagai bidang musik dan sekolah. Pemenang perlombaan ini adalah Kikuchi Toru. Ia membawakan pertunjukan yang sangat memukau. Miki yang diperkirakan akan menang ternyata gagal karena salah bantal saat tidur. Sedangkan Kuroki yang masih terus memikirkan Nodame, lupa mengganti peralatan oboenya sehingga kalah. Chiaki yang menduga Kuroki akan menang pun sangat terkejut dengan hal ini. Ditambah lagi sangat mengetahui penyebabnya adalah Nodame.

Nodame pun sudah masuk ke putaran pertama perlombaan. Ia pun dapat tampil dengan mngesankan. Dan terlewatilah putaran pertama dengan hasil yang sangat baik. Tetapi saat di putaran kedua Nodame menyadari bahwa salah satu dari lawannya adalah teman masa kecilnya. Ia menjadi terus teringat dengan kisah masa lalunya. Dan permainannya menjadi berantakan. Etoh Sensei menjadi sangat terkejut dan mengira Nodame akan gagal. Tetapi ternyata para juri masih memberinya kesempatan untuk maju di putaran selanjutnya. Nodame sangat bekerja keras di putaran terakhir ini. Dia berlatih sampai larut malam. Saat di bis menuju tempat perlombaan pun dia masih berlatih untuk menghafalkan lagunya. Tetapi saat sedang berlatih, ada seorang anak muda yang mendapat telpon dengan nada dering yang keras. Karena hal itu, Nodame menjadi merasa sedikit tertanggu. Saat perlombaan, Nodame bermain seperti biasanya. Tetapi tak lama setelah itu, Nodame memainkan nada dering telepon yang ada di yang ia naikki. Juri dan penonton pun menjadi sangat kaget dengan improvisasi dari Nodame. Bahkan, ada yang tertawa karena hal tersebut. Setelah itu ia melanjutkannya lagi seperti biasanya. Saat pengumuman pemenang ternyata Nodame tidak menjadi juara. Teman semasa kecilnya berhasil menjadi juara kedua. Tetapi untuk tahun ini ternyata tidak ada yang menjadi juara pertama. Nodame pun langsung pulang dengan perasaan kecewa. Saat perjalanan pulang, Nodame bertemu Chiaki di jalan. Chiaki sangat bangga dengan permainan Nodame. Tetapi karena perasaan Nodame masih sangat kacau, ia menjawabnya dengan dingin.

Nodame pun kembali ke desanya tanpa memberitahukan siapapun. Selama di desa, Nodame tidak pernah mengangkat telpon dari siapapun. Keluarga Nodame di desa sangat sederhana karena mereka hanyalah seorang petani. Tetapi keluarga mereka selalu bahagia dalam keadaan apapun. Nodame juga tidak pernah menyentuh piano sejak saat itu. Saat ia melihat piano, ia langsung memainkannya. Nenek Nodame pun bertepuk tangan dan berkata bahwa itu permainan yang bagus. Nodame yang kembali bersemangat pun berjalan-jalan untuk melihat tetangga sekitar.

Chiaki yang sangat khawatir dengan keadan Nodame pun mengejar Nodame ke desa. Saat membuka ponselnya, Nodame melihat banyak sekali telepon dan pesan yang masuk. Kebanyakan pesan yan masuk berasal dari Etoh Sensei. Pesan itu berisi bahwa, Nodame direkomendasikan oleh seorang pemusik terkenal yang berasal dari Eropa untuk belajar di Eropa. Nodame pun bertambah senang saat mengetahui hal itu. Saat sedang dalam perjalanan, Chiaki menelepon Nodame untuk memastikan bahwa alamatnya benar. Saat telepon Chiaki telah dijawab oleh Nodame, tanpa sengaja taksi yang dinaikkinya melewati Nodame. Ia pun langsung turun dari taksi dan memeluk Nodame. Nodame pun sangat terkejut sekaligus senang. Chiaki pun menginap semalam dan mengetahui kehidupan keluarga Nodame yang penuh dengan kehangatan.

Nodame kembali ke kota bersama dengan Chiaki. Kehidupan mereka berdua pun kembali seperti biasanya. Setelah itu, RS Orkestra kembali mengadakan konser untuk menyambut natal. Sebelum digelarnya konser, berbagai pernak-pernik RS Orkestra pun telah di jual di restoran ramen milik ayahnya Mine. Seperti baju yang bertuliskan “RS Orkestra”, poster anggota Orkestra, dan masih banyak yang lainnya. Konser ini pun menjadi ajang terakhir mereka untuk berkumpul dengan lengkap. Karena setelah ini banyak dari mereka yang akan mengambil jalan hidup yang berbeda. Misalnya saja, Chiaki yang ingin menemui konduktor pujaannya, Sebastian Vierra di Eropa. Maka dari itu, mereka ingin menampilkan yang terbaik dalam konser ini. Konser ini pun berjalan dengan baik dan sangat mengagumkan. Nodame yang menontonnya pun sangat terharu hingga meneteskan air mata. Ternyata kerja keras mereka tidak sia-sia. Mereka pun dapat melanjutkan kehidupan mereka masing-masing dengan perasaan senang dan bangga. Setelah itu pun, Chiaki dan Nodame pun pergi ke Eropa bersama-sama.